Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi

Cara Diet Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi
TemuHerba - Salam jumpa para sahabat blogger, kali ini saya akan berbagi tips sehat tentang  cara diet untuk penderita darah tinggi. Simak tips lebih lengkpnya !

Berikut merupakan ulasan mengenai diet bagi penderita hipertensi yang berkaitan dengan makanan apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, makanan apa saja yang harus dikurangi, dan makanan apa saja yang mesti dihindari untuk menurunkan kadar darah tinggi seseorang.

Makanan untuk Penderita Hipertensi

Adapun beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi ialah sebagai berikut:
  • Sayuran dan buah-buahan
    Mengapa demikian? Keduanya banyak mengandung serat dan vitamin yang sangat lengkap, terutama vitamin C yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin bukan hanya bisa menurunkan kadar tekanan darah tinggi Anda, namun juga banyak manfaat lainnya seperti mencukupi kebutuhan serat tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lainnya.
  • Konsumsi Serelia
    Serelia berfungsi dalam menyerap lemak dan memiliki kandungan serat yang membantu dalam proses pencernaan makanan. 
Adapun makanan yang harus dikurangi oleh penderita hipertensi tanpa menghilangkannya sama sekali ialah:
  • Jenis-jenis makanan kaleng ataupun makanan yang telah melalui proses pembuatan dengan menggunakan garam dengan kadar tinggi.
  • Makanan berlemak.
  • Minuman yang mengandung alkohol.
  • Jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak seperti ikan salmon, makerel, dan juga sarden.
Untuk makanan yang wajib Anda hindari dalam rangka mengurangi tekanan darah tinggi ialah sebagai berikut:
  • Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan garam tinggi.
  • Alkohol dan rokok.
Sesungguhnya, tekanan darah tinggi sangat erat kaitannya dengan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Faktor makanan memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memperparah maupun mengurangi tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu, Anda patut memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Apakah sudah sesuai paling tidak dengan anjuran makanan yang boleh dikonsumsi sebagaimana telah diutarakan di atas atau sebaliknya makanan yang Anda konsumsi justru merupakan jenis makanan yang dipantang atau dilarang bagi penderita hipertensi.

Kesehatan Anda merupakan tanggung jawab Anda sendiri. Kalau Anda memperhatikan asupan makanan apa saja yang diperbolehkan, dilarang, dan dikurangi dalam kehidupan sehari-hari berarti Anda mencintai tubuh sendiri.

Jika diet tidak dijalankan sebagaimana yang disarankan di atas, maka bersiaplah dirongrong dan digerogoti oleh banyak penyakit, termasuk hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Popular Posts